- Get link
- X
- Other Apps
Favorite Views
Diposting oleh
Rie Aini
- Get link
- X
- Other Apps
LATIHAN SOAL TEMATIK KELAS 4 TEMA 9
Latihan soal ini saya buat sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan. Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman saya atau ke blog lainnya.
Latihan soal ini dibuat sesuai dengan buku yang pemerintah terbitkan dan buku tematik penerbit lainnya yang sesuai dengan temanya. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak manfaatnya.
Muatan IPA KD3.5
1.
Contoh perubahan energi
cahaya menjadi energi listrik adalah ...
A.
Sinar matahari yang
menyinari panel surya
B.
Aliran air yang memutar
turbin dan menghidupkan generator
C.
Aliran listrik yang
menghidupkan kipas angin
D.
Alliran listrik yang
memanaskan pemanggang roti
2.
Contoh sumber energi yang
dapat diperbarui adalah ...
A.
Batubara, uranium, dan
minyak bumi
B.
Minyak bumi, biogas, dan
gas alam
C.
Gas alam, batubara, dan
biosolar
D.
Air, matahari, dan angin
3.
Perhatikan jenis-jenis
sumber daya alam berikut!
I.
Ayam IV. Minyak bumi
II.
Emas V. tumbuhan
III. Angin VI.
Alumunium
Sumber daya alam yang dapat diperbarui ditunjukan oleh
A.
I, II, dan III C.
II, IV, dan VI
B.
I, II, dan V D.
IV, V, dan VI
4.
Perubahan energi yang
terjadi pada televisi adalah ...
A.
Energi listrik
>>energi panas dan energi kimia
B.
Energi kimia >>energi
listrik dan energi bunyi
C.
Energi listrik
>>energi cahaya dan energi bunyi
D.
Energi cahaya
>>energi bunyi dan energi listrik
5.
Upaya pelestarin lingkungan
yang dilakukan di pantai adalah ...
A.
Membuat terasering di pegunungan
B.
Membuat lubang biopori di
pasir
C.
Menanam kembali pohon bakau
D.
Melakukan reboisasi pohon
jati
6.
Contoh bentuk penghematan
energi adalah ...
A.
Membuat tas sekoah dari
korang bekas
B.
Membuat kolase dari
daun-daun kering
C.
Menghasikan biogas dari
kotoran hewan ternak
D.
Mengubah energi cahaya
matahari menjadi energi listrik dengan panel surya
7.
Alat pada gambar disamping
memanfaatkan energi alternatif, yaitu ...
A.
Biogas C.
biomassa
B.
Matahari D.
Panas bumi
8.
Manusia dapat melakukan
pekerjaan karena emiliki energi yang berasal dari ...
A.
Listrik C.
baterai
B.
Makanan D.
aki
9.
Sumber energi terbesar
dibumi adalah ...
A.
Matahari C.
batubara
B.
Minyak bumi D.
Makanan
10.
Perhatikan gambar berikut!
(gambar air terjun)
Aliran sumber daya alam tersebut mengandung energi ...
A.
Gerak C.
kimia
B.
Panas D.
Pegas
11.
Energi alternatif yang
memanfaatkan kotoran sapi adalah contoh dari sumber energi ...
A.
Terbatas C.
geometral
B.
Biomassa D.
Tidak terbaruan
12.
Berikut sumber daya air
yang tidak dapat dijadikan sumber energi listrik, yaitu ...
A.
Sungai C.
sumur
B.
Waduk D.
Laut
13.
Contoh sumber energi yang dapat
diperbarui adalah ...
No.
|
Tempat Pelestarian
|
1
|
Membangkitan listrik
|
2
|
Menggerakkan kapal laut
|
3
|
Menjemur ikan dan pakaian
|
4
|
Sumber gaya otot tubuh
|
5
|
Bahan fotosintesis
|
Pemanfaatan energi matahari oleh
makhuk hidup ditunjukan oleh nomor ...
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 3, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D.
3, 4, dan 5
13.
Sumber energi cahaya
terbesar di bumi adalah ...
14.
Benda yang digunakan untuk
membangkitkan listrik dari energi cahaya matahari disebut ...
15.
Perubahan energi yang
terjadi pada pembangkit listrik tenaga angin adalah ...
16.
Sumber energi alternatif
yang merupakan energi panas yaitu ... dan ...
17.
Bagaimana cara menghemat
energi listrik?
18.
Energi alternatif yang
memanfatkan kotoran sapi adalah ...
19.
Mesin pompa air menggunakan
sumber energi ... untuk menyedot air
20.
Tuliskan perubahan energi
pada aktivitas berikut!
Muatan IPS KD 3.1
1.
Berikut yang bukan sumber
daya alam yang terdapat di pantai dan laut adalah ...
A.
Pohon bakau C.
mutiara
B.
Tanaman teh D.
Tiram
2.
Pekebun teh merupakan jenis
pekerjaan yang banyak dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di ...
A.
Pantai C.
perkotaan
B.
Padang rumput D.
Dataran tinggi
3.
Berikut yang merupakan
hasil peranian yang dimanfaatkan untuk sumber bahan makanan pokok adalah ...
A.
Padi, singkong, ubi, dan
jagung
B.
Unyit, lengkuas, jahe, dan
temulawak
C.
Jagung, kacang tanah,
cabai, dan bawang merah
D.
Bawang putih, mangga, jambu
biji, dan kacang panjang
4.
Bentuk kegiatan membatasi
penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari2 adalah ...
A.
Mengumpulkan kotoran hewan
ternak untuk embuat biogas
B.
Menggunakan air secukupnya
saat mencuci pakaian
C.
Mengganti atap rumah dengan
panel surya
D.
Membuat kincir angin dari
kayu bekas
5.
Perhatikan gambar! (gambar
hutan gundul)
Berikut yang bukan akibat dari kondisi lingkungan seperti pada gambar
tersebut adalah ...
A.
Sering terjadi tanah
longsor
B.
Hilangnya habitat
hewan-hewan di hutan
C.
Terjadi pengikisan tanah
akibat erosi air hujan
D.
Cadangan air didlam tanah
semakin bertambah
6.
Sumber daya alam berikut
yang dapat diperbarui, yaitu ...
A.
Emas. Perak, dan perunggu
B.
Batu bara, kapur, dan
bauksit
C.
Tiram, mutiara, dna
cumi-cumi
D.
Minyak bumi, gas alam, dan
granit
7.
Sumber daya alam berikut
yang tidak dapat diperbarui di daerah pantai dan laut yaitu ...
A.
Mutiara dan udang C. tiram
dan rumput laut
B.
Kelapa dan kepiting D.
Pasir dan minyak bumi
8.
Pembudidayaan pohon kina
yaitu untuk ...
A.
Mengobati dan mencegah
penykit malaria
B.
Menambah aroma dan rasa
pada makanan
C.
Memberikan warna pada
makanan
D.
Menghias pekarangan rumah
9.
Kegiatan ekonomi berupa
distribusi dalam pembuatan kertas adalah ...
10.
Saat makan ikan sarden dari
kaleng kita melakukan saah satu kegiatan ekonomi, yaitu ...
11.
Sumber daya alam berupa
minyak bumi perlu dibatasi penggunaanya, karena..
12.
Mengurangi penggunaan
kendaraan bermotor di jaan raya dpaat mengurangi ... udara
13.
Hewan kuda paling banyak
diternak di kepulauan Nusa tenggara karena ...
14.
Hasil olahan minyak bumi
yang digunakan kendaraan bermotor adalah ...
15.
Minyak bumi adalah sumber daya alam
yang sering dimanfaatkan dalam jumlah banyak karena menghasilkan sumber daya
lain.
a.
Apa dampak yang terjadi jika minyak
bumi digunakan terus menerus?
b.
Tuliskan 3 upaya yang dapat dilakukan
untuk menghemat penggunaan minyak bumi!
Muatan BI KD 3.3
1.
Orang yang dapat memberikan
informasi yang benar saat wawancara disebut ...
A.
Narator C.
juru kamera
B.
Wartawan D.
Narasumber
2.
Pertanyaan yang disampaikan
kepada narasumber sebaiknya...
A.
Banyak dan seragam C.
berulang-ulang
B.
Mudah dipahami D.
Sulit dijawab
3.
Pertanyaan yang tepat untuk
diajukan kepada narasumber seorang pecinta hewan adalah ...
A.
Bagaiman cara merawat hewan
agar tetap sehat?
B.
Mengapa hewan-hewan ini
berada di tangan Bapak?
C.
Kapan Bapak terakhir
mengenakan seragam untuk bekerja?
D.
Apakah Bapak memahami
jenis-jenis hewan yang hidup di hutan?
4.
Tujuan wawancara adalah ...
A.
Menyampaikan ide C.
mengumpulkan informasi
B.
Mengolah keterangan D.
Mempertahankan pendapat
5.
Narasumber yang tepat untuk
diwawancarai mengenai program vaksinasi polio diposyandu sekitar rumah adalah
...
A.
Pihak perusahaan C.
penjaga toko obat
B.
Petugas kebersihan D.
Petugas vaksinasi
6.
Bacalah cuplikan wawancara
berikut!
Danu : saya ingin mewawancarai
Bapak terkait pertanian di Desa Sukmajaya, Pak.
Petani : iya, Dik Danu, silahkan.
Danu : ...
Petani : sudah dari 2 bulan yang lalu
Kalimat tanya yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah ...
A.
Berapa berat total seluruh
hasil tanaman ini dalam sekali panen?
B.
Sejak kapan Desa Sukmajaya
mengalami kekeringan?
C.
Bagaiman cara Bapak untuk
menanggulangi hama?
D.
Tanaman apa saja yang bapak
tanam di sini?
7.
Berikut yang bukan tahapan
sebelum melakukan wawancara adalah ...
A.
Menyusun pertanyaan C. menentukan
topik wawancara
B.
Menentukan narasumber D. Meringkas jwaban
menjadi laporan
8.
Topik yang tepat untuk
mewawancarai polisi hutan adalah ...
A.
Bencana banjir yang melanda
Jakarta C. penebangan hutan jati
secara liar
B.
Penyakit menular saat musim
hujan D. Kebakaran di kawasan
pertokoan
9.
Kata tanya yang tepat untuk
menggali informasi dari narasumber tentang proses pemanfaatan sumber energi
adalah ...
A.
Kapan C.
berapa
B.
Dimana D.
Bagaimana
10. Ali ingin menemui seorang narasumber ahli energi. Ia ingin
mengetahui penggunaan sumber energi di Indonesia. Pertanyaan yang tepat adalah
...
A.
Energi apa saja yang dapat
dimanfaatkan di Indonesia?
B.
Bagaiaman mengelola sumber
energi agar tidak cepat habis?
C.
Apakah penjualan sumber
energi dapat menguntungkan?
D.
Siapa yang berhak untuk
mengelola sumber energi di Indonesia?
11. Hasil wawancara dapat kita gunakan sebagai bahan untuk membuat
...
12. Seorang ataubeberapa orang memberikan informasi saat wawancara
disebut ..
13. Narasumber yang tepat untuk diwawancarai mengenai cara mengajar
yang baik dikelas adalah ...
14. Perhatikan jawaban berikut!
Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di
Indonesia jumlahnya terbatas.
Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah ...
15. Kamu akan mewawancarai seorang pemadam kebakaran yang baru saja
selesai memadamkan api di suatu perumahan. Menurutmu, bagaiman pertanyaan yang
sesuai untuk diajukan ke pemadam kebakaran tersebut (3)
Muatan PPKn Kd 3.2
1.
Hak yang disapatkan
penduduk yang tinggal disekitar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah ...
A.
Menjaga kebersihan sumber
daya air
B.
Mencemari sumber daya air
dengan deterjen
C.
Membuat bendungan di
sekitar sumber daya air
D.
Mendapatkan listrik dari
pembangkit listrik tenaga air
2.
Salah satu kewajiban negara
terhadp sumber daya alam berupa tambang adalah ...
A.
Mengelola untuk kesejahteraan
rakyat
B.
Menyerahkan sepenuhnya
kepada masyarakat
C.
Menyerahkan pengelolaan
kepada negara asing
D.
Menjual seluruh hasil
tambang ke negara yang membutuhkan
3.
Contoh hak yang diperoleh
masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah ...
A.
Mematikan air kran setelah
selesai mencuci piring
B.
Menanam pohon dilahan yang
kering dan gundul
C.
Menggunakan air sungai
untuk mengairi sawah
D.
Tidak membuang sampah ke
sungai
4.
Perhatikan kegiatan
berikut!
I.
Membersihkan tepi danau
dari sampah
II.
Menanam bibit pohon diarea
bekas penambangan
III. Kerja bakti membersihkan selokan dari sampah
IV. Menggunakan pukat saat menangkap ikan
Contoh kegiatan yang termasuk sikap persatuan dan kesatuan dalam
kewajiban melestarikan sumber daya alam ditunjukan oleh ...
A.
I, II, dan III C.
I, III, dan IV
B.
I, II, dan IV D.
II, III, dan IV
5.
Kewajiban manusia kepada
lingkungan tempat tinggalnya antara lain ...
A.
Memanfaatkan lingkungan
sesuka hati
B.
Mengambil seluruh kekayaan
alam
C.
Menjaga agar tetap lestari
D.
Membiarkannya begitu saja
6.
Hak yang didapatkanoleh
nelayan apabila mereka menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada dilaut
adalah ...
A.
Mendapakan ikan dalam
jumlah yang banyak
B.
Melakukan pembelian hewan
laut dari luar negeri
C.
Menanam pohon bakau di tepi
pantai
D.
Menikmati keindahan bawah
laut
7.
Kewajiban seseorang yang
berkunjung ke kebun binatang adalah ...
8.
Hak masyarakat yang tinggal
disekitar lahann pertanian adalah ..
9.
Tindakan yang tepat untuk
memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang tinggal didekat lereng rawan tanah
longsor adalah ...
10. Menangkap dan menjual ikan dari hasil tangkapan merupakan hak
masyarakat yang tinggal diwilayah ...
11. Kewajiban warga yang tinggal disekitar hutan terhadap sumber
daya alam di hutan tersebut adalah ...
12. Apa kewajiban kita
terhadap daerah yang tandus?
13. Kewajiban terhadap tumbuhan yang ada dihalamn rumah adalah ...
14. Melakukan reboisasi merupakan contoh kewajiban penduduk yang
tinggal di daerah ...
15. Manakah yang hrus dilaksanakan terlebih dahulu hak atau
kewajiban? Jelaskan!
Muatan SBdP KD 3.2
1.
Lagu berikut yang
menceritakan tentang keindahan lingkungan adalah ...
A.
Disini senang disana senang C.
burung kakak tua
B.
Rayuan pulau kelapa D. Kasih
ibu
2.
Tema pada lagu “memandang
alam” sam seperti tema pada lagu ...
A.
Gebyar-gebyar C.
gundul-gundul pacul
B.
Ampar-ampar pisang D. Naik
ke puncak gunung
3.
Berikut yang bukan makna
yang terkandung dalam lagu bertema lingkungan adalah ...
A.
Ungkpan rasa syukur atas
karunia Tuhan Yang Maha Kuasa
B.
Ajakan untuk berbuat
kebaikan kepada alam
C.
Berisi semangat untuk
melawan penjajah
D.
Menjelaskan peran alam bagi
manusia
4.
Lagu “paman Datang”
dinyanyikan dengan tempo ...
A.
Sangat lambat C.
sedang
B.
Lambat D.
Cepat
5.
Perhatikan not angka
berikut!
4 . . . / 5 2 1 . . /
Nada yang dinyanyikan dengan sebanyak empat ketukan adalah ...
A.
Sol (5) C.
do (1)
B.
Re (2) D.
Fa (4)
6.
Lagu daerah yang berasal
dari jawa barat adalah ...
A.
Manuk dadali C.
o Ina ni keke
B.
Kicir-kicir D.
Suwe ora jamu
7.
Lagu “Indonesia Pusaka” dinyanyikan
dalam tempo ....
A.
Allegro
B.
Moderato
C.
Andante
D.
Allegrtto
8.
Nama alat musik disamping yaitu .... gambar alat musik
A.
Triangle
B.
Simbal
C.
Marakas
D.
Tamborin
9.
“dibawakannya rambutan pisang dan
sayur mayur segala rupa...”
Syair
diatas merupakan kutipan dari lagu yang berjudul ....
A.
Naik delman
B.
Paman datang
C.
Libur tlah tiba
D.
Desaku
10. Perhatikan not balok berikut! Tuliskan angka dari not balok tersebut!
- Get link
- X
- Other Apps
Senang menulis, membuat soal sekolah sd, mengajar anak-anak, berbagi soal dalam ilmu pendidikan.
semoga bermanfaat ya...
Comments
ijin nyimak dan ambil beberapa, makasih , barokallah
ReplyDelete