Favorite Views

Soal HOTS Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan

 

Kelas 5

SOAL HOTS

TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN

Kerjakan soal-soal berikut!

MUATAN BAHASA 3.2

Bacalah teks dibawah ini kemudian jawablah pertanyaan dibawahnya!

Polusi udara adalah kondisi di mana udara tercermar oleh bahan kimia yang membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan sekitar. Zat-zat yang terkandung dalam polusi udara antara lain, karbon monoksida, sulfur dioksida, gas Pb, sulfur trioksida, karbon dioksida, CFC, nitrogen oksida. Polusi disebabkan oleh tindakan manusia dan sebab alam. Penyebab polusi udara yang disebabkan oleh tindakan manusia adalah kegiatan industri, pembangkit listrik, pembakaran hutan secara liar, gas buang pabrik (CFC). Penyebab karena sebab alam adalah letusan gunung berapi, kebakaran huan, dan denitrifikasi. Adapun sebab yang lain, seperti kebocoran tangki gas, dan uap pelarut organik.

Di Indonesia tingkat polusi sangatlah memprihatinkan. Salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga dunia. World bank juga menempetkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan atau partikular tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. Di Indonesia penyebab polusi tertinggi dipengaruhi oleh asap kendaraan bermotor. Menurut penelitian, sekitar 85% polusi di Indonesia dipengaruhi oleh emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Selain itu juga akibat dari pembakaran hutan dan kegiatan perindustrian.

      1.       Sebutkan kalimat yang menjadi kalimat utama pada kedua paragraf di atas!

      2.       Bagaimana tingkat polusi di Indonesia?

      3.       Sebutkan penyebab pencemaran udara yang berasal dari alam?

MUATAN IPA KD3.3

      4.       Pada suatu sore, Andi melihat seekor katak sedang berenang di kolam. Katak tersebut kemudian keluar dari air untuk menangkap jangkrik.Mengapa katak tersebut bisa bernapas di air dan di darat?

      5.        Apa yang membedakan sistem pernapasan berudu dengan katak dewasa? Mengapa berudu tidak hidup di darat?

MUATAN SBdP KD 3.3

      6.       Mengapa tangga nada minor lagu-lagu menyiratkan kesedihan? Jelaskan!

      7.       Bagaimana cara menyanyikan lagu-lagu bertangga nada minor?

      8.       Sebutkan lagu nasional yang menggunakan tangga nada minor?


SUBTEMA 2 UDARA BERSIH BAGI PERNAPASAN

MUATAN IPS KD 3.3

      9.       Ayah Rudi memiliki sebuah perusahaan yang didirikan bersama kedua temannya. Ayah Rudi dan kedua temannya sudah saling mengenal cukup lama. Bahkan Rudi sudah menganggap kedua teman ayahnya itu sebagai pamannya sendiri. Jelaskan jenis perusahaan yang didirikan oleh ayah Rudi dan teman-temannya!

 

SUBTEMA 3 MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA

MUATAN PPKn KD 3.3

     10.   Di kampung Wati sedang digelar pertemuan warga yang membicarakan tentang rencana pembangunan selokan. Dana untuk pembangunan tersebut sebagian didapat dari pemerintah pusat dan sebagian lagi dari iuran warga. Dalam pertemuan tersebut ada sebagian warga yang keberatan atau tidak setuju bila dilakukan iuran. Seandainya kamu menjadi pemimpin rapat tersebut, sikap apa yang kamu ambil? Jelaskan!

 

Comments