Favorite Views

Latihan Soal HOTS kelas 6 Tema 1Selamatkan Makhluk Hidup Di Sekitar Kita

 

SOAL HOTS KELAS 6

TEMA1 SELAMATKAN MAHKLUK HIDUP DISEKITAR KITA

SUBTEMA1 TUMBUHAN SAHABATKU

Kerjakan soal-soal berikut!

MUATAN IPA KD 3.1

      1.       Jagung merupakan salah satu tanaman berumah satu. Artinya, tanaman jagung mempunyai bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, tetapi dalam satu tanaman. Berdasarkan pernyataan tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

a.       Jika kalian menanam hanya satu tanaman jagung, apakah yang akan terjadi?

b.      Jika kalian menanam hanya satu tanaman jagung, kemudian kalian buang atansnya. Apa yang akan terjadi?

c.       Jika kalian menanam hanya satu tanaman jagung, kemudian kalian tutup buah jagung.  Apa yang akan terjadi?

MUATAN BAHASA KD 3.1

      2.       Perhatikan dua gambar berikut!


Informasi apakah yang dapat kalian peroleh dari dua gambar di atas?

MUATAN IPS KD 3.1

      3.       Wilayah Asia Tenggara secara astronomi terletak antara 280LU-110LS. Berarti wilayah Asia Tenggara berada di daerah beriklim tropis. Hanya sebagian keci kawasan Asia Tanggra yang beriklim subtropik, yaitu Myanmar bagian utara. Bagaimanakah ciri-ciri iklim tropis Asia Tenggara?

MUATAN PPKn KD 3.1

       4.       Perhatikan dua gambar berikut.


Apa  sajakah sikap dan perilaku yang terdapat pada kedua gambar diatas? Apakah nilai-nilai yang terkandung dalam kedua gambar tersebut? Jelaskan dengan singkat!

MUATAN SBdP KD 3.1

      5.       Berilah penjelasan tentang langkah-langkah membuat patung dari bahan gips berikut.



SUBTEMA2 HEWAN SAHABATKU

Kerjakan soal-soal berikut!

MUATAN MATEMATIKA KD 3.3

      1.       Togar dan kawan-kwannya mengadakan iuran untuk membeli perlengkapan kesekretariatan kelas. Mereka ingin membeli 4 buku agenda dan 3 bolpoin. Harga 1 buku adalah Rp 8.500,00. Harga 1 bolpoin Rp 2.500,00. Jika dari iuran tersebut terkumpul uang Rp 43.000,00, cukupkah untuk membeli perlengkapan yang mereka perlukan?

      2.       Kemarin, Bu Mia membeli beras 60 kg. Pada hari ini, ia membeli lagi 75 kg. Bu Mia berencana membagikan semua beras yang telah dibeli tersebut kepada tetangga yang membutuhkan sam banyak. Jika jumlah orang yang mendapat bagian dari Bu Mia ada 15 orang, berapa jumlah beras yang diterima oleh setiap orang?

MUATAN IPA KD 3.1

      3.       Melani mempunyai kolam ikan di rumahnya. Kolam itu diisi dengan ikan gupi dan ikan sepa. Melani sangat suka mengamati ikan-ikan itu. Pada suatu hari, dia melihat ada busa putih dibagian pojok kolam. Kata ayahnya, busa putih itu adalah telur sepat. Tak beberapa lama kemudian muncullah ikan kecil dari telur-telur itu. Beberapa minggu kemudian, dia melihat ikan-ikan gupi berukuran sangat kecil. Setahu Melani, ikan Gupi miliknya berperut besar. Kata ayahnya, ikan Gupi itu sebentar lagi akan memiliki anak. Akan tetapi, Melani tidak melihat busa putih seperti saat ikan sepat bertelur. Menurut pendapat kalian, apakah cara perkembangbiakan kedua jenis iakan itu sama? Jelaskan!


SUBTEMA3 PELESTARIAN HEWAN dan TUMBUHAN

Kerjakan soal-soal berikut!

MUATAN IPA KD 3.1

       1.       Tumbuhan anggrek hitam merupakan tumbuhan langka. Jumlahnya semakin berkurang karena di Kalimantan sering terjadi kebakaran hutan. Cara perkembangbiakan seperti apakah yang paling tepat digunakan agar anggrek hitam dapat cepat berbiak?


      2.       Jumlah harimau di dunia sangat mengkhawatirkaan. Mereka termasuk hewan yang sangat dilindungi. Hal itu karena jumlahnya sangat sedikit. Bahkan, beberapa jenisnya dianggap telah punah, misalnya harimau Jawa dan harimau Bali. Buatlah teks ekspansi tentang keberadaan hewan diseluruh dunia berdasarkan gambar tersebut!

MUATAN BAHASA KD 3.1

      3.       Perhatikan teks berikut,

Usaha pencegahan kepunahan hewan dan tumbuhan dapat dilakukan dengan cara pelestarian hutan. Pelestarian hutan merupakan salah satu bentuk usaha untuk melesatarikan sumber daya alam hayati. Pelestarian hutan meliputi pelestarian tumbuhan dan hewan yang hidup didalamny. Usaha pelestarian tersebut dibedakan menjadi peleatarian in situ dan eks situ.

Manakah jenis pelestarian yang lebih baik dari kedua jenis pelestarian tersebut!

MUATAN IPS KD 3.1

      4.       Sampai saat ini negara anggota ASEAN masih berjumlah 10 negara. Negara Timor Leste belum masuk sebagai anggota ASEAN. Bagaimana menurut pendapat kalian? Dapatkah negara Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN?

 

Comments