- Get link
- X
- Other Apps
Favorite Views
Diposting oleh
Rie Aini
- Get link
- X
- Other Apps
SOAL TAHSIN KELAS 6
Latihan soal ini saya buat sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan. Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman saya atau ke blog lainnya.
Latihan soal ini dibuat sesuai dengan buku yang terbitkan oleh salah satu penerbit buku. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak manfaatnya.
Latihan soal ini saya buat sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan. Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman saya atau ke blog lainnya.
Latihan soal ini dibuat sesuai dengan buku yang terbitkan oleh salah satu penerbit buku. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak manfaatnya.
I.
Choose one real correct
answer, by giving crossed sign (X) at
letter a, b, c or d!
1.
Bunyi yang berdasarkan kriteria (ciri-ciri) karakter
bunyi setiap huruf hijaiyah yang disesuaikan dengan tempat-tempat keluarnya
huruf (makhorijul huruf) yang bercirikan sifat-sifat yang dimilikinya disebut
dengan . . .
a. Bunyi bacaan
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
2. Sedangkan bunyi yang berdasarkan pada kriteria
karakter bunyi bacaan Al-Qur’an yang disesuaikan dengan karakter unyi setiap
huruf adalah pengertian dari . . .
a. Bunyi bacaan
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
3. Panjang bacaan yang berdasarkan pada kriteria panjang
setiap bacaan Al-Qur’an yang disesuaikan dengan hokum bacaan mad disebut dengan
. . .
a. Bunyi bacaan
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
b. bunyi huruf
c. panjang bacaan
d. panjang huruf
4. Tempat keluarnya huruf hijaiyah adalah pengertian dari
. . .
a. Makhorijul huruf
b. sifatul huruf
c. makhroj
d. shifat
b. sifatul huruf
c. makhroj
d. shifat
5.
Panjang bacaan di dalam Al-Qur’an terbagi menjadi . . .
.
a.
Dua
b. tiga
c. empat
d. lima
b. tiga
c. empat
d. lima
6.
Hukum bacaan mad yang termasuk dalam kelompok panjang
bacaan 2 harokat ada . . .
a.
Tujuh
b. delapan
c. sembilan
d. enam
b. delapan
c. sembilan
d. enam
7.
Panjang bacaan 2 harokat sama dengan 1 alif, sedangkan
panjang bacaan 4 harokat sama dengan . . .
a.
2 alif
b. 3 alif
c. 4 alif
d. 6 alif
b. 3 alif
c. 4 alif
d. 6 alif
8.
Salah satu hukum mad dalam kelompok panjang 2 harokat
adalah mad ashli, huruf-hurufnya yaitu . . .
a. ا وْ يْ
b. ا و ي
c. م ن و ي
d. مْ نْ وْ يْ
b. ا و ي
c. م ن و ي
d. مْ نْ وْ يْ
9.
Apabila ada mad ashli yang terletak di akhir bacaan
(waqaf) adalah pengertian dari . . .
a.
Mad badal
b. mad ‘iwadh
c. mad ‘arid lissukun
d. mad tamkin
b. mad ‘iwadh
c. mad ‘arid lissukun
d. mad tamkin
10. Di bawah ini
yang merupakan contoh dari mad ‘aridh lissukun adalah . . .
a.
الصِّرَاطَ الْمُسْتَثِيْمَ
b. اللَّهُ اَحَدٌ
c. اِلَى طَعَامِه
d. مِنْ خَوْفٍ
b. اللَّهُ اَحَدٌ
c. اِلَى طَعَامِه
d. مِنْ خَوْفٍ
11. Yang bukan merupakan contoh dari mad ‘iwadh adalah . . .
a.
عَلِيْمًا حَكِيْمًا
b. وَ النَّازِعَاتِ غَرْقًا
c. وَالْمُرْسَلاَتِ عُرْفًا
d. اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
b. وَ النَّازِعَاتِ غَرْقًا
c. وَالْمُرْسَلاَتِ عُرْفًا
d. اِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
12. Dalam kelompok panjang bacaan 4 harokat terdapat . . . hukum bacaan mad
a.
Lima
b. empat
c. tiga
d. delapan
b. empat
c. tiga
d. delapan
13. Yang tidak termasuk ke dalam kelompok anjang bacaan 4 harokat
adalah . . .
a.
Mad wajib muttashil
b. alif maqshuroh
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
b. alif maqshuroh
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
14. Panjang bacaan mad ‘aridh lissukun adalah . . .
a.
Semua jawaban benar
b. 2 harokat
c. 4 harokat
d. 6 harokat
b. 2 harokat
c. 4 harokat
d. 6 harokat
15. Contoh dari mad wajib muttashil adalah . . .
a.
كَلاَّ اِنَّهَا تَذْكَرَةٌ
b. اَنْ جَاءَهُ الْاَعْمَى
c. مَا اَكْفَرَهُ
d. اِلَى اَنْ تَزَكَّى
b. اَنْ جَاءَهُ الْاَعْمَى
c. مَا اَكْفَرَهُ
d. اِلَى اَنْ تَزَكَّى
16. Apabila ada mad ashli yang bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata
adalah pengertian dari . . .
a.
Mad wajib muttashil
b. mad badal
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
b. mad badal
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
17. Sedangkan
apabila ada mad ashli yang bertemu dengan huruf hamzah pada kata lain adalah
pengertian dari . . .
a. Mad wajib muttashil
b. mad badal
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
b. mad badal
c. mad ‘aridh lissukun
d. mad jaiz munfashil
18. Di bawah ini
yang bukan contoh dari mad jaiz munfashil adalah . . .
a.
كَلاَّ اِنَّهَا تَذْكَرَةٌ
b. اَنْ جَاءَهُ الْاَعْمَى
c. مَا اَكْفَرَهُ
d. اِلَى اَنْ تَزَكَّى
b. اَنْ جَاءَهُ الْاَعْمَى
c. مَا اَكْفَرَهُ
d. اِلَى اَنْ تَزَكَّى
19. Pada kelompok panjang 6 harokat terdapat
. . .macam mad
a.
Delapan
b. tujuh
c. enam
d. tiga
b. tujuh
c. enam
d. tiga
20. Panjang bacaan 6 harokat sama dengan . . .
a. 2 ketukan
b. 4 ketukan
c. 6 ketukan
d. 2 alif
b. 4 ketukan
c. 6 ketukan
d. 2 alif
21. Bacaan mad yang bisa dibaca dengan panjang 2, 4, atau 6 harokat adalah .
. .
a.
Mad tamkin
b. mad shilat qoshiroh
c. mad aridh lissukun
d. mad badal
b. mad shilat qoshiroh
c. mad aridh lissukun
d. mad badal
22. Berhentinya suatu bacaan dalam Al-Qur’an ditandai dengan . . .
a.
Tanda waqaf
b. tanda sukun
c. tanda fathah
d. tanda tasydid
b. tanda sukun
c. tanda fathah
d. tanda tasydid
23.
Tanda waqaf huruf لا (lam
alif) berarti . . .
a.
Lebih baik berhenti
b. dilarang berhenti
c. lebih baik terus
d. harus berhenti
b. dilarang berhenti
c. lebih baik terus
d. harus berhenti
24. Tanda waqaf yang berarti boleh berhenti di salah satunya adalah . . .
a.
Jaiz (ج
)
b. mu’anaqaf (؞ ؞)
c. lazim ( م )
d. shola (صلى )
b. mu’anaqaf (؞ ؞)
c. lazim ( م )
d. shola (صلى )
25. Tanda waqof yang berarti tidak boleh bergenti adalah . .
a.
م
b. ج
c. لا
d. قلى
b. ج
c. لا
d. قلى
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
26. Panjang bacaan mad ‘iwadh adalah .... harokat
27. Kalimat وَ الضُّحَى dibaca panjang ..... harokat
28. بِسْمَ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ kata yang digaris bawahi dibaca panjang ...... harokat
29. Mad ashli adalah apabila ada huru وْ yang sebelumnya ada huruf berharokat .....
30. Fathatayn yang terletak di akhir bacaan atau waqaf (mad iwadh) dibaca
menjadi harokat ..
31. Dalam kelompok panjang 4 harokat terdapat 3 macam mad, yaitu mad ‘aridh
lissukun, mad jaiz munfashil dan mad
......
32. وَ اِذَا السَّمَاءُ كُشِطَتْ kata di samping dibaca dengan panjang .... harokat
33. Salah satu perbedaan mad jaiz dengan mad wajib adalah pada letak huruf
hamzah di depannya, yang huruf hamzahnya terletak di dalam satu kata dengan mad
ashli adalah mad .....
34. اَلاَ إِنَّهُمْ adalah contoh dari mad
.....
35. Tanda waqaf صلى berarti
......
III. Kerjakanlah dengan benar !
36. Sebutkanlah 3 macam mad yang termasuk ke dalam kelompok panjang 2
harokat!
37. Sebutkanlah 3 perbedaan mad wajib muttashil dengan mad jaiz munfashil!
38. Tentukanlah hukum bacaan mad dari ayat di bawah ini!
a. اِهْدِنَا
الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ....................
b. فَاَمَّا
مَنْ أُوْتِيَ ....................
c. وَ اِذَا
مَرُّوْا بِهِمْ ...................
d. فَاالسَّبِقَاتِ
سَبْقًا ...................
e. اَنْ
تَزَكَّى ....................
39. Tentukanlah panjang bacaan dari ayat di bawah ini!
a. وَلاَ يُوْثِقُ : ..................
b. اَنَهُمْ مَبْعُوْثُوْنَ : ...................
c. عَلَى الْاَرَائِكِ : ..................
d. وَ اَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ : ...................
e. وَ اللَّيْلِ اِذَا سَجَى : ..................
30. Sebutkan 3 tanda waqaf yang kamu ketahui!
- Get link
- X
- Other Apps
Senang menulis, membuat soal sekolah sd, mengajar anak-anak, berbagi soal dalam ilmu pendidikan.
semoga bermanfaat ya...
Comments
mantap, tapi bnayak yang perlu di benahi
ReplyDelete