- Get link
- X
- Other Apps
Favorite Views
Diposting oleh
Rie Aini
- Get link
- X
- Other Apps
SOAL LATIHAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 6
Latihan soal ini saya buat
sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta
didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan.
Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan
peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman
saya atau ke blog lainnya.
Latihan soal ini dibuat sesuai
dengan buku yang pemerintah terbitkan dan buku tematik penerbit lainnya yang
sesuai dengan temanya. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada
latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak
manfaatnya.
Kerjakan
soal-soal berikut!
Muatan B.I
Cita-Cita
Pikiranku
melayang ke suatu masa
Aku pun
bertanya-tanya
Mau jadi apa
aku saat dewasa
Tiba-tiba
kuberpikir tentang cita-cita
Nantinya aku
mau menjadi seperti apa
Pilihanku
jatuh kepada pembaca berita
1.
Puisi tersebut terdiri dari
... bait dan rimanya ...
a.
1;a-b-a-b c.
2;a-a-a-a
b.
1;a-a-a-a d.2;a-b-a-b
2.
Isi puisi tersebut adalah
...
a.
Cita-cita seseorang menjadi
pembaca berita
b.
Cita-cita setiap oang
berbeda-beda
c.
Kita tidak harus memiliki
cita-cita
d.
Cita-cita jangan dilupakan
3.
Berikut ini yang sebaiknya
dilakukan sebelum menulis puisi adalah ...
a.
Membuat gambar
b.
Menentukan tema
c.
Menentukan makna
d.
Mencari makna kata sulit
4.
Pilihan kata yang tidak
boleh digunakan dalam puisi adalah ...
a.
Kata yang bersifat mengejek
b.
Kata yang bermakna indah
c.
Kata berisi perumpamaan
d.
Kata berisi pujian
5.
Tanda yang digunakan untuk
berhenti saat membaca puisi disebut tanda ...
a.
Titik c.
jeda
b.
Seru d. Koma
6.
Tanda jeda yang berarti
berhenti sebentar dan fungsinya hampir sama dengan tanda koma adalah ...
a.
/ c. ///
b.
// d. ////
7.
Orang yang mengarang puisi
disebut ...
8.
Fungsi tema dalam menulis
puisi adalah ...
9.
Saat mendeklamasikan puisi,
kita perlu memperhatikan mimik. Mimik adalah ...
10.
Apakah judul yang tepat
untutk puisi tersebut?
11.
Tuliskan isi puisi tersebut!
12.
Tuliskan tiga langkah dalam
menentukan makna puisi pribadi!
13.
Perhatikan kutipan puisi
berikut!
Jiwa
dan raga kau serahkan tuk mengabdi
Negaramu
kau junjung tinggi
Dentuman
bom dan tembakan peluru
Tak
pernah surutkan langkahmu
Berbaju
loreng hijau kau bela negaramu
Jelaskan
menggunakan bahasamu sendiri makna puisi tersebut!
14.
Tuliskan hal-hal yang perlu
diperhatikan saat mendeklamasikan puisi!
15.
Bacalah bait puisi berikut
dan jawablah soal-soalnya
a.
Berilah tanda jeda pada
bait puisi tersebut
b.
Tentukan bagian penekanan
pada puisi tersebut dengan memberikan garis bawah!
Muatan
IPA
16.
Rangkaian perubahan dalam
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dinamakan ...
a.
Ekosistem c.
siklus hidup
b.
Seleksi alam d.
metamorforsis
17.
Berikut yang menunjukan
siklus hidup hewan yang tepat adalah ...
a.
Telur – ulat – kepompong –
kupu-kupu
b.
Telut – ulat – kupu-kupu –
kepompong
c.
Telur – kepompong – ulat –
kupu-kupu
d.
Ulat – kupu-kupu – telur –
kepompong
18.
Berikut pernyataan yang
bukan mengenai metamorfosis sempurna adalah ...
a.
Mengalami fase pupa
b.
Contoh hewan yang mengalami
kupu-kupu
c.
Bagian dari siklus hidup
d.
Bentuk tubuh saat menetas
sama dengan ketika dewasa
19.
Contoh hewan yang tidak
mengalami metamorfosis, yaitu ...
a.
Kupu-kupu, belalang, dan
capung
b.
Katak, walang sangit, dan
lebah
c.
Kelelawar, kucing, dan sapi
d.
Kutu, kepiting, dan semut
20.
Pelestarian lingkungan yang
dapat dilakukan oleh peternak sapi adalah ...
a.
Memanfaatkan kotoran sapi
sebagai pupuk untuk pohon disekitarnya
b.
Membuang kotoran ternak ke
aliran sungai disekitar kandang
c.
Membakar sisa tanaman yang
tidak dimakan oleh sapi
d.
Menebang pohon di sekitar
peternakan
21.
Perlindungan terhadap
keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya....
a.
Pembudidayaan tanaman
anggrek dikebun raya
b.
Pengembangbiakan penyu
hijau di balai konversi
c.
Penakaran oranng utan di
taman nasional
d.
Penanaman pohon di taman
kota
22.
Perhatikan tabel berikut!
No
|
Lokasi Pelestarian
|
1
|
Taman Nasioanal Ujung Kulon
|
2
|
Kebun Binatang Ragunan
|
3
|
Kebun Raya Cibodas
|
4
|
Museum Zoologi
|
5
|
Suaku Margasatwa Muara Angke
|
Pelestarian
keanekaragaman hayati secara ex situ ditunjukan oleh nomor ...
a.
1,2, dan 3
b.
2,3, dan 4
c.
2,3, dan 5
d.
3,4, dan 5
23.
Perhatikan hewan-hewan
berikut:
Lebah,
lalat, walang sangit, ngengat, dan kumbang tanduk. Hewan yang jenis siklus
hidupnya sama dengan kupu-kupu adalah ...
24.
Perubahan bentuk pada tubuh
hewan selama siklus hidup disebut ....
25.
Selain sebagai bahan
sandang (pakaian), kulit sapi juga dapat digunakan untuk...
26.
Orang utan merupakan hewan
langka yang harus dilestarikan. Pelestarian hewan tersebut dapat dilakukan
dengan cara ....
27.
Tuliskan tiga contoh
manfaat tumbuhan bagi manusia, hewan, dan lingkungan!
28.
Tuliskan keterangan pada
siklus hidup hewan berikut! Jelaskan! (nyamuk)
29.
Perhatikan kedua hewan
berikut!
(kucing) (ayam jago)
Buatlah
tabel perbandingan kedua hewan tersebut yang mencakup siklus hidup cara
berkembang biak, dan kegunaan bagi manusia!
30.
Tuliskan hal-hal yang dapat
dilakukan jika kamu sebagai polisi hutan melihat ada perburuan satwa langka di
tempatmu bertugas!
Muatan
IPS
31.
Sayur dan buah merupakan
contoh sumber daya alam ....
a.
Tidak dapat diperbaharui c.
non hayati
b.
Dapat diperbaharui d.
tambang
32.
Perhatikan gambar berikut
(Jagung)
Sumber
daya alam tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai ...
a.
Obat malaria c.
bumbu masakan
b.
Bahan makanan d.
Bahan baku kosmetik
33.
Sumber daya alam seperti
sayur dan buah banyak dianam di daerah ....
a.
Dataran rendah c.
pesisir pantai
b.
Dataran tinggi d.
lembah
34.
Salah satu contoh
peanfaatan hewan adalah ....
a.
Bahan baku indusri baja
b.
Sebagai bahan baku
kerajinan
c.
Membantu pekerjaan manusia
d.
Sumber tenaga pembangkit
listrik
35.
Sumber daya alam yang
banyak dijumpai di pulau Jawa adalah ...
a.
Kina, cokelat, dan padi
b.
Kelapa sawit, hasil hutan
(kayu), dan lada
c.
Karet, hasil hutan (kayu),
dan kelapa
d.
Sagu, mutiara, dan pala
36.
Contoh pemanfaatan rotan
adalah ...
a.
Perabotan rumah tangga
b.
Bahan dasar pakaian
c.
Bahan dasar kendaraan
d.
Bahan makanan
37.
Contoh sumber daya alam
yang tidak dapat diperbaharui adalah ...
38.
Manfaat sungai bagi
masyarakat Banjarmasin adalah ...
39.
Sumber daya alam sagu
banyak ditemukan di pulau ...
40.
Tuliskan dua sumber daya
alam yang dapat ditemukan di laut beserta manfaatnya!
41.
Jelaskan manfaat sumber
daya alam berikut:
a.
Tebu c. karet
b.
Kina d. temulawak
42.
Tuliskan manfaat sumber
daya alam minyak bumi bagi manusia!
43.
Tuliskan tiga ruang yang
terdapat pada rumah adat badui! Jelaskan juga kegunaannya!
44.
Tuliskan lima sumber daya
alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan!
45.
Tuliskan lima sumber daya
tambang di Indonesia!
Muatan
PPKN
46.
Berikut ini yang tidak termasuk
dalam keragaman karakteristik adalah ...
a.
Pekerjaan c.
budaya
b.
Perilaku d.
sifat
47.
Arti semboyan Bhineka
tunggal Ika adalah ...
a.
Walaupun berbeda-beda
tetapi tetap satu
b.
Tidak berbeda-beda tetapi
tetap satu
c.
Tidak bersatu walaupun
berbeda-beda
d.
Walaupun sama tetap tidak
bersatu
48.
Berikut sikap Patih Gajah
Mada yang dapat kita teladani adalah ...
a.
Egois c.
mudah menyerah
b.
Tidak acuh d.
Bertanggung jawab
49.
Adikmu ingin menjadi
seorang penari. Salah satu sikapmu untuk mendukung adikmu dalam meraih cita-cita
adalah ...
a.
Membiarkan adik berangkat
sendiri ke tempat les
b.
Mengganggu adik yang sedang
belajar
c.
Mengantar adik ke tempat
les menari
d.
Menyalakan radio
keras-keras
50.
Tempat ibadah umat Hindu
adalah ...
a.
Pura c.
masjid
b.
Gereja d.
kelenteng
51.
Persatuan dan kesatuan
antarumat beragama dapat tercipta dengan bersikap saling ...
a.
Mengejek c.
menghargai
b.
Menjelekkan d.
menjatuhkan
52.
Salah satu manfaat adanya
keberagaman sifat setiap individu adalah ...
53.
Salah satu sikap bersatu
yang dapat lakukan demi mempertahankan kemerdekaan adalah ...
54.
Hari besar agama umat Budha
adalah ...
55.
Tuliskan dua keberagaman
yang terdapat di lingkungan masyarakat!
56.
Tuliskan tiga manfaat
mengenal bahasa dan makanan khas daerah!
57.
Tuliskan dua sikap yang
dapat menciptakan persatuan dan kesatuan antarumat beragama!
58.
Bagaimana sebaiknya sikapmu
terhadap teman yang memiliki cita-cita berbeda denganmu!
59.
Mengapa persatuan dan
kesatuan sangat penting diwujudkan dalam keragaman yang ada di sekitar kita?
60.
Tuliskan dua hari besar
keragaman yang kamu ketahui dan tradisi yang biasa dilakukan saat merayakan
hari besar tersebut!
Muatan
SBdp
61.
Berikut susunan dari nada
rendah ke nada tinggi yang tepat adalah ...
a.
2 3 5 4 6 1
b.
1 3 4 6 7 2
c.
2 1 3 4 5 7
d.
2 3 4 5 6 7
62.
Jika sebuah lagu memiliki
tempo moderato, maka lagu tersebut harus dinyanyikan dengan tempo ...
a.
Cepat c.
sedang
b.
Lambat d.
Sangat cepat
63.
Perhatikan gambar berikut!
(tari kecak)
Nama
tarian dan daerah asal tarian tersebut adalah ...
a.
Tari kecak, Bali
b.
Tari Cakalele, Maluku
c.
Tari Merak, Jawa Barat
d.
Tari Selamat Datang, Papua
Timur
64.
Perlengkapan yang digunakan
saat mempraktikan tari kreasi kupu-kupu adalah ...
a.
Topi c. sarung
b.
Kipas d.
selendang
65.
Kolase merupaan karya seni
tempel yang menggunakan potongan-potongan bahan. Bahan yang aman untuk membuat
kolase, misalnya ...
a.
Daun kering, kain, dan
kertas
b.
Batu kali, pecahan kaca,
dan logam
c.
Batu kerikil, kayu, dan
pecahan kaca
d.
Biji-bijian, logam, dan
pecahan kaca
66.
Berikut yang termasuk
kegiatan membuat karya montase adalah ...
a.
Karya seni tiga dimensi berbentuk
seperti patung
b.
Menyusun gambar-gambar
objek menjadi gambar baru
c.
Menyusun potongan kertas
sejenis hingga membentuk objek baru
d.
Menyusun daun-daun kering
hingga membentuk objek baru
67.
Langkah pertama yang
dilakukan untuk membuat karya mozaik, yaitu ...
a.
Membuat pola di buku gambar
b.
Enempelkan satu per satu
potongan kertas pada pola
c.
Menggunakan alat bantu saat
menempelkan potongan kertas
d.
Meletakan karya di ruang
terbuka agar lem cepat kering
68.
Lagu “bangun Pemuda Pemudi”
dinyanyikan dengan tempo ...
69.
Gerakan berikut merupakan
bagian dari gerakan tari ...
Bangun
pemudi pemuda Indonesia
Tangan
bajumu singsingkan untuk negara
Masa
yang akan datang kewajibanmu nusa
Menjadi
tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi
tanggunganmu terhadap nusa
70.
Tuliskan kata dalam lagu tersebut
yang memiliki nada rendah dan nada tinggi!
71.
Tuliskan makna dari bait
lagu tersebut!
72.
Tuliskan perlengkapan atau
aksesoris yang dapat digunakan untuk tari kreasi kupu-kupu!
73.
Tuliskan hal-hal yang harus
dilakukan untuk mempersiapkan tari kreasi kupu-kupu secara berkelompok
74.
Perhatikan gambar mantase
berikut!
Tuliskan
alat dan bahan yang dibutuhkan untukmembuat montase tersebut!
75.
Tuliskan langkah kegiatan
untuk membuat karya mozaik petani
berikut!
- Get link
- X
- Other Apps
Senang menulis, membuat soal sekolah sd, mengajar anak-anak, berbagi soal dalam ilmu pendidikan.
semoga bermanfaat ya...
Comments
Post a Comment