Favorite Views

LATIHAN SOAL TEMATIK K13 KELAS 4 TEMA 6 (CITA-CITAKU)

SOAL LATIHAN TEMATIK KELAS 4 TEMA 6


Latihan soal ini saya buat sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan. Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman saya atau ke blog lainnya. 


Latihan soal ini dibuat sesuai dengan buku yang pemerintah terbitkan dan buku tematik penerbit lainnya yang sesuai dengan temanya. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak manfaatnya.
Kerjakan soal-soal berikut!

Muatan B.I

Cita-Cita
Pikiranku melayang ke suatu masa
Aku pun bertanya-tanya
Mau jadi apa aku saat dewasa
Tiba-tiba kuberpikir tentang cita-cita
Nantinya aku mau menjadi seperti apa
Pilihanku jatuh kepada pembaca berita

1.         Puisi tersebut terdiri dari ... bait dan rimanya ...
a.       1;a-b-a-b                                            c. 2;a-a-a-a
b.      1;a-a-a-a                                             d.2;a-b-a-b

2.         Isi puisi tersebut adalah ...
a.       Cita-cita seseorang menjadi pembaca berita
b.      Cita-cita setiap oang berbeda-beda
c.       Kita tidak harus memiliki cita-cita
d.      Cita-cita jangan dilupakan

3.         Berikut ini yang sebaiknya dilakukan sebelum menulis puisi adalah ...
a.       Membuat gambar
b.      Menentukan tema
c.       Menentukan makna
d.      Mencari makna kata sulit

4.         Pilihan kata yang tidak boleh digunakan dalam puisi adalah ...
a.       Kata yang bersifat mengejek
b.      Kata yang bermakna indah
c.       Kata berisi perumpamaan
d.      Kata berisi pujian

5.         Tanda yang digunakan untuk berhenti saat membaca puisi disebut tanda ...
a.       Titik                                                      c. jeda
b.      Seru                                                     d. Koma

6.         Tanda jeda yang berarti berhenti sebentar dan fungsinya hampir sama dengan tanda koma adalah ...
a.       /                                                             c. ///
b.      //                                                           d. ////

7.         Orang yang mengarang puisi disebut ...
8.         Fungsi tema dalam menulis puisi adalah ...
9.         Saat mendeklamasikan puisi, kita perlu memperhatikan mimik. Mimik adalah ...
10.     Apakah judul yang tepat untutk puisi tersebut?
11.     Tuliskan isi puisi tersebut!
12.     Tuliskan tiga langkah dalam menentukan makna puisi pribadi!
13.     Perhatikan kutipan puisi berikut!
Jiwa dan raga kau serahkan tuk mengabdi
Negaramu kau junjung tinggi
Dentuman bom dan tembakan peluru
Tak pernah surutkan langkahmu
Berbaju loreng hijau kau bela negaramu
Jelaskan menggunakan bahasamu sendiri makna puisi tersebut!
14.     Tuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendeklamasikan puisi!
15.     Bacalah bait puisi berikut dan jawablah soal-soalnya
a.       Berilah tanda jeda pada bait puisi tersebut
b.      Tentukan bagian penekanan pada puisi tersebut dengan memberikan garis bawah!

Muatan IPA

16.     Rangkaian perubahan dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dinamakan ...
a.       Ekosistem                                                          c. siklus hidup
b.      Seleksi alam                                                      d. metamorforsis

17.     Berikut yang menunjukan siklus hidup hewan yang tepat adalah ...
a.       Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu
b.      Telut – ulat – kupu-kupu – kepompong
c.       Telur – kepompong – ulat – kupu-kupu
d.      Ulat – kupu-kupu – telur – kepompong

18.     Berikut pernyataan yang bukan mengenai metamorfosis sempurna adalah ...
a.       Mengalami fase pupa
b.      Contoh hewan yang mengalami kupu-kupu
c.       Bagian dari siklus hidup
d.      Bentuk tubuh saat menetas sama dengan ketika dewasa

19.     Contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis, yaitu ...
a.       Kupu-kupu, belalang, dan capung
b.      Katak, walang sangit, dan lebah
c.       Kelelawar, kucing, dan sapi
d.      Kutu, kepiting, dan semut

20.     Pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan oleh peternak sapi adalah ...
a.       Memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk untuk pohon disekitarnya
b.      Membuang kotoran ternak ke aliran sungai disekitar kandang
c.       Membakar sisa tanaman yang tidak dimakan oleh sapi
d.      Menebang pohon di sekitar peternakan

21.     Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ, misalnya....
a.       Pembudidayaan tanaman anggrek dikebun raya
b.      Pengembangbiakan penyu hijau di balai konversi
c.       Penakaran oranng utan di taman nasional
d.      Penanaman pohon di taman kota

22.     Perhatikan tabel berikut!
No
Lokasi Pelestarian
1
Taman Nasioanal Ujung Kulon
2
Kebun Binatang Ragunan
3
Kebun Raya Cibodas
4
Museum Zoologi
5
Suaku Margasatwa Muara Angke

Pelestarian keanekaragaman hayati secara ex situ ditunjukan oleh nomor ...
a.       1,2, dan 3
b.      2,3, dan 4
c.       2,3, dan 5
d.      3,4, dan 5

23.     Perhatikan hewan-hewan berikut:
Lebah, lalat, walang sangit, ngengat, dan kumbang tanduk. Hewan yang jenis siklus hidupnya sama dengan kupu-kupu adalah ...
24.     Perubahan bentuk pada tubuh hewan selama siklus hidup disebut ....
25.     Selain sebagai bahan sandang (pakaian), kulit sapi juga dapat digunakan untuk...
26.     Orang utan merupakan hewan langka yang harus dilestarikan. Pelestarian hewan tersebut dapat dilakukan dengan cara ....
27.     Tuliskan tiga contoh manfaat tumbuhan bagi manusia, hewan, dan lingkungan!
28.     Tuliskan keterangan pada siklus hidup hewan berikut! Jelaskan! (nyamuk)
29.     Perhatikan kedua hewan berikut!
(kucing)               (ayam jago)
Buatlah tabel perbandingan kedua hewan tersebut yang mencakup siklus hidup cara berkembang biak, dan kegunaan bagi manusia!
30.     Tuliskan hal-hal yang dapat dilakukan jika kamu sebagai polisi hutan melihat ada perburuan satwa langka di tempatmu bertugas!


Muatan IPS

31.     Sayur dan buah merupakan contoh sumber daya alam ....
a.       Tidak dapat diperbaharui                                            c. non hayati
b.      Dapat diperbaharui                                                        d. tambang

32.     Perhatikan gambar berikut (Jagung)
Sumber daya alam tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai ...
a.       Obat malaria                                                                     c. bumbu masakan
b.      Bahan makanan                                                              d. Bahan baku kosmetik

33.     Sumber daya alam seperti sayur dan buah banyak dianam di daerah ....
a.       Dataran rendah                                                               c. pesisir pantai
b.      Dataran tinggi                                                                   d. lembah

34.     Salah satu contoh peanfaatan hewan adalah ....
a.       Bahan baku indusri baja
b.      Sebagai bahan baku kerajinan
c.       Membantu pekerjaan manusia
d.      Sumber tenaga pembangkit listrik

35.     Sumber daya alam yang banyak dijumpai di pulau Jawa adalah ...
a.       Kina, cokelat, dan padi
b.      Kelapa sawit, hasil hutan (kayu), dan lada
c.       Karet, hasil hutan (kayu), dan kelapa
d.      Sagu, mutiara, dan pala

36.     Contoh pemanfaatan rotan adalah ...
a.       Perabotan rumah tangga
b.      Bahan dasar pakaian
c.       Bahan dasar kendaraan
d.      Bahan makanan

37.     Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah ...
38.     Manfaat sungai bagi masyarakat Banjarmasin adalah ...
39.     Sumber daya alam sagu banyak ditemukan di pulau ...
40.     Tuliskan dua sumber daya alam yang dapat ditemukan di laut beserta manfaatnya!
41.     Jelaskan manfaat sumber daya alam berikut:
a.       Tebu                    c. karet
b.      Kina                      d. temulawak
42.     Tuliskan manfaat sumber daya alam minyak bumi bagi manusia!
43.     Tuliskan tiga ruang yang terdapat pada rumah adat badui! Jelaskan juga kegunaannya!
44.     Tuliskan lima sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan!
45.     Tuliskan lima sumber daya tambang di Indonesia!


Muatan PPKN

46.     Berikut ini yang tidak termasuk dalam keragaman karakteristik adalah ...
a.       Pekerjaan                                                          c. budaya
b.      Perilaku                                                              d. sifat

47.     Arti semboyan Bhineka tunggal Ika adalah ...
a.       Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu
b.      Tidak berbeda-beda tetapi tetap satu
c.       Tidak bersatu walaupun berbeda-beda
d.      Walaupun sama tetap tidak bersatu

48.     Berikut sikap Patih Gajah Mada yang dapat kita teladani adalah ...
a.       Egois                                                                    c. mudah menyerah
b.      Tidak acuh                                                         d. Bertanggung jawab

49.     Adikmu ingin menjadi seorang penari. Salah satu sikapmu untuk mendukung adikmu dalam meraih cita-cita adalah ...
a.       Membiarkan adik berangkat sendiri ke tempat les
b.      Mengganggu adik yang sedang belajar
c.       Mengantar adik ke tempat les menari
d.      Menyalakan radio keras-keras

50.     Tempat ibadah umat Hindu adalah ...
a.       Pura                                                                     c. masjid
b.      Gereja                                                                 d. kelenteng

51.     Persatuan dan kesatuan antarumat beragama dapat tercipta dengan bersikap saling ...
a.       Mengejek                                                          c. menghargai
b.      Menjelekkan                                                    d. menjatuhkan

52.     Salah satu manfaat adanya keberagaman sifat setiap individu adalah ...
53.     Salah satu sikap bersatu yang dapat lakukan demi mempertahankan kemerdekaan adalah ...
54.     Hari besar agama umat Budha adalah ...
55.     Tuliskan dua keberagaman yang terdapat di lingkungan masyarakat!
56.     Tuliskan tiga manfaat mengenal bahasa dan makanan khas daerah!
57.     Tuliskan dua sikap yang dapat menciptakan persatuan dan kesatuan antarumat beragama!
58.     Bagaimana sebaiknya sikapmu terhadap teman yang memiliki cita-cita berbeda denganmu!
59.     Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting diwujudkan dalam keragaman yang ada di sekitar kita?
60.     Tuliskan dua hari besar keragaman yang kamu ketahui dan tradisi yang biasa dilakukan saat merayakan hari besar tersebut!

Muatan SBdp

61.     Berikut susunan dari nada rendah ke nada tinggi yang tepat adalah ...
a.       2 3 5 4 6 1
b.      1 3 4 6 7 2
c.       2 1 3 4 5 7
d.      2 3 4 5 6 7

62.     Jika sebuah lagu memiliki tempo moderato, maka lagu tersebut harus dinyanyikan dengan tempo ...
a.       Cepat                                                                   c. sedang
b.      Lambat                                                                d. Sangat cepat

63.     Perhatikan gambar berikut! (tari kecak)
Nama tarian dan daerah asal tarian tersebut adalah ...
a.       Tari kecak, Bali
b.      Tari Cakalele, Maluku
c.       Tari Merak, Jawa Barat
d.      Tari Selamat Datang, Papua Timur

64.     Perlengkapan yang digunakan saat mempraktikan tari kreasi kupu-kupu adalah ...
a.       Topi                                                      c. sarung
b.      Kipas                                                    d. selendang

65.     Kolase merupaan karya seni tempel yang menggunakan potongan-potongan bahan. Bahan yang aman untuk membuat kolase, misalnya ...
a.       Daun kering, kain, dan kertas
b.      Batu kali, pecahan kaca, dan logam
c.       Batu kerikil, kayu, dan pecahan kaca
d.      Biji-bijian, logam, dan pecahan kaca

66.     Berikut yang termasuk kegiatan membuat karya montase adalah ...
a.       Karya seni tiga dimensi berbentuk seperti patung
b.      Menyusun gambar-gambar objek menjadi gambar baru
c.       Menyusun potongan kertas sejenis hingga membentuk objek baru
d.      Menyusun daun-daun kering hingga membentuk objek baru

67.     Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat karya mozaik, yaitu ...
a.       Membuat pola di buku gambar
b.      Enempelkan satu per satu potongan kertas pada pola
c.       Menggunakan alat bantu saat menempelkan potongan kertas
d.      Meletakan karya di ruang terbuka agar lem cepat kering

68.     Lagu “bangun Pemuda Pemudi” dinyanyikan dengan tempo ...
69.     Gerakan berikut merupakan bagian dari gerakan tari ...

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
70.     Tuliskan kata dalam lagu tersebut yang memiliki nada rendah dan nada tinggi!
71.     Tuliskan makna dari bait lagu tersebut!
72.     Tuliskan perlengkapan atau aksesoris yang dapat digunakan untuk tari kreasi kupu-kupu!
73.     Tuliskan hal-hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan tari kreasi kupu-kupu secara berkelompok
74.     Perhatikan gambar mantase berikut!
Tuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan untukmembuat montase tersebut!
75.     Tuliskan langkah kegiatan untuk membuat karya mozaik petani  berikut!



Comments