- Get link
- X
- Other Apps
Favorite Views
Diposting oleh
Rie Aini
- Get link
- X
- Other Apps
SOAL LATIHAN KELAS 4 TEMA 4
Latihan soal ini saya buat
sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta
didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan.
Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan
peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman
saya atau ke blog lainnya.
Latihan soal ini dibuat sesuai
dengan buku yang pemerintah terbitkan dan buku tematik penerbit lainnya yang
sesuai dengan temanya. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada
latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak
manfaatnya.
Kerjakan soal berikut dengan benar!
PPKN
1.
Menghargai setiap orang untuk memeluk agama
masing-masing merupakan salah satu contoh pengalaman Pancasila yaitu ...
A.
Sila pertama C.
sila ketiga
B.
Sila kedua D.
Sila keempat
2.
Pernyataan berikut yang bukan
makna sila pertama Pancasila adalah ...
A.
Percaya dan taqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
B.
Paling enghormati dan
bekerja dama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda
C.
Paling menghormati
kebebasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan
amasing-masing
D.
Memaksakan suatu agama atau
kepercayaan kepada orang lain
3.
Sikap yang menunjukan
pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.
Membantu teman C.
melaksanakan ibadah
B.
Musyawarah D.
Saling menghargai
4.
Simbol sila kedua dalam
Pancasila yaitu ...
A.
Bintang C.
pohon beringin
B.
Rantai D.
Padi dan kapas
5.
Menggalang kegiatan sosial
dan meningkatkan semangat gotong-royong dan kekeluargaan merupakan pengalaman
Pancasila ke ...
A.
Pertama C.
ketiga
B.
Kedua D.
Keempat
6.
Mata rantai yang saling
berkaitan melambangkan bahwa manusia harus saling ... satu sama lain.
7.
Simbol sila yang berbunyi
“Persatuan Indonesia” adalah ...
8.
Bersikap jujur merupakan
contoh pengalaman Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai dengan sikap
tersebut? Jelaskan!
9.
Berikan 3 contoh sikap yang
menunjuakan pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
10.
Sebutkan makna sila pertama
dari Pancasila!
BAHASA INDONESIA
11.
Sebelum memberikan pendapat
terhadap suatu cerita, sebaiknya kita memperhatikan unsur cerita tersebut,
pernyataan berikut yang bukan unsur dalam cerita adalah ...
A.
Pesan moral C.
tokoh
B.
Tema D.
Pengarang
12.
Cerita “Si Kancil dan
Petani merupakan salah sau cerita ...
A.
Legenda C.
mitos
B.
Dongeng D.
Sejarah
13.
Cerita khayalan (fiksi)
yang biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan juga
diceritakan turun temurun adalah ...
A.
Legenda C.
mitos
B.
Dongeng D.
Sejarah
14.
Tokoh yang diutamakan
penceritaannya dlam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling
banyak diceritakan, baik sebagai peaku kejadian maupun yang dikenai kejadian
disebut ...
A.
Tokoh utama C.
tokoh antagonis
B.
Tokoh pembantu D.
Tokoh protagonis
15.
Tempat dimana tokoh atau si
pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Misalnya: didalam
bangunan tua, disebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ...
A.
Latar belakang C.
latar waktu
B.
Latar tempat D.
Latar cerita
16.
Perhatikan teks berikut!
Sambil menunggu bel masuk sekolah, imam selalu membaca buku ebelum
pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya.
Teman-temanya yang lain ada yang sedang duduk sambil bercerita sesama teman,
ada pula yangsedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah ...
17.
Hari ini sekolah mengadakan
kerja bakti. Semua siswa sibuk membersihkan kelas masing-masing. Namun, Herman
tidak mau membantu. Ia hanya duduk tenang melihat teman-temannya bekerja. Watak
Herman tersebut adalah ...
18.
Sebutkan 3 jenis cerita
yang kamu ketahui ...
19.
Perhatikan cerita di bawah
ini!
Sarah bersahabat dengan Mira. Mereka selalu saling menolong. Mereka
sering belajar bersama. Meskipun bersahabat, mereka tidak pernah saling
menyontek saat ulangan. Mereka percaya pada kemampuan diri sendiri. Mereka
dapat membedakan sikap yang baik dan tidak baik.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari ceria diatas?
20.
Jelaskan perbedaan tokoh
antagonis dengan tokoh protagonis!
IPS
21.
Contoh pekerjaan penduduk
yang tinggal di pantai adalah ...
A.
Petani dan peternk C.
pegawai dan dokter
B.
Guru dan karyawan D.
Penambak dan nelayan
22.
Kegiatan yang menghasilkan
barang adalah ...
A.
Guru C.
tukang cukur
B.
Dokter D.
Penjahit
23.
Kegiatan yang menghasilkan
jasa adalah ...
A.
Pengrajin kayu C.
petani
B.
Arsitektur D.
Produksi tempe
24.
Produk yang bukan
dihasilkan dri pengrajin kayu yaitu ...
A.
Meja C.
pintu
B.
Kursi D.
Kaca
25.
Tanaman yang cocok ditanam
di dataran tinggi adalah ...
A.
Mangga dan jambu C.
padi dan jagung
B.
Teh dan strawberi D.
Kelapa dan sagu
26.
Pedagang beras membeli padi
dari para petani lalu menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan
pedagang berasini termasuk kegiatan ekonomi jenis ...
27.
Kegiatan ekonomi yang
memanfaatkan sumber daya alam didaerah dataran tinggi yng paling cocok dengan kondisi tanahnya
adalah ...
28.
Petani menanam padi di
sawah nelayan mencari ikan dilaut, itu merupakan contoh kegiatan ...
29.
Menggunakan pensil secara
hemat merupakan salah satu cara untuk melestarika lingkungan. Sumber daya alam
yang digunakn untuk pembuatan pensil adalah ...
30.
Tujuan manusia melakukan
kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Yang termasuk kebutuhan
primer adalah ...
31.
Apa yang dimaksud dengan
kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi?
32.
Sebutkan 5 contoh mata
pencaharian masyarakat di lingkungan sekitarmu!
33.
Jelaskan proses terjadinya
meja dan kursi bisa samai di rumahmu!
IPA
34.
Tumbuhan berikut merupakan
bukan tumbuhan langka dan dilindungi di Indonesia adalah ...
A.
Bunga bangkai C.
Raflesia arnoldi
B.
Bunga melati D. Bunga Edelweis
35.
Salah satu manfaat dari
penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan adalah ...
A.
Mempermudah aktivitas
manusia
B.
Dapat merusak moral
C.
Menciptakan budaya malas
D.
Pemborosan sumber energy
36.
Perhatikan gambar dibawah
ini!
Gambar diatas merupakan salah satu cara menangkap ikan yang tidak benar.
Hal tersebut mengakibatkan ...
A.
Air laut semakin jernih
B.
Tumbuhan semakin subur
C.
Banyak terumbu karang yang
rusak
D.
Mudah menangkap ikan
keesokan harinya
37.
Upaya yan dapat dilakukan
untuk memulihkan lingkungan akibat kegiatan pada gambar no.36 diatas adalah
....
A.
Berpindah kebagian laut
lainnya dan menggunakan cara yang sama untuk menangkap ikan
B.
Membuat bom lebih banyak
C.
Melakukan pemulihan trumbu
karang yang rusak
D.
Mengganti bom ikna dengan
pukat harimau
38.
Perburuan liar dapat
mengakibatkan ...
A.
Estarinya makhluk hidup C.
terjadinya keseimbangan ekosistem
B.
Terjadinya ekosistem yang
baru D. Punahnya
hewan yang diburu
39.
Cara yang dapat dilakukan
agar sumber daya alam tidak mudah habis adalah dengan cara ...
40.
Hewan yang banyak diburu
manusia hingga satwa tersebut sekarang hampir punah adalah ...
41.
Proses untu menjadikan
suatu barang bekas menjadi barang baru yang berguna dengan tujuan mencegah
adanya sampah disebut ...
42.
Mengapa kita perlu
memanfaatkan barang bekas?
43.
Sebutkan upaya-upaya yang
dapa dilakukan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam!
44.
Apa yang dimaksud dengan
keseimbangan ekosistem?
45.
Jelaskan perbedaan antara
nelayan tradisional dengan nelayan modern!
SBdp
46.
Berikut ini yang ukan
contoh alat dan bahan untuk menggambar adalah ...
A.
Kertas gambar C.
gunting
B.
Pencil D.
Spidol
47.
Sebelum membuat gambar,
sebaiknya kita membuat ...
A.
Judul C.
warna
B.
Sketsa D.
Deskripsi
48.
Penilaian terhadap hasil
karya yang dibuat seseorang disebut ...
49.
Sebutkan 3 contoh bentuk
3Dimensi!
50.
Gambarlah salah satu bentuk
3 Dimensi!
- Get link
- X
- Other Apps
Senang menulis, membuat soal sekolah sd, mengajar anak-anak, berbagi soal dalam ilmu pendidikan.
semoga bermanfaat ya...
Comments
Post a Comment