Favorite Views

LATIHAN SOAL TEMATIK K13 KELAS 4 TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN

SOAL LATIHAN KELAS 4 TEMA 4


Latihan soal ini saya buat sebagai referensi teman-teman yang memerlukan bahan untuk melatih logic peserta didiknya sampai sejauh mana menguasai materi pelajaran yang sudah diberikan. Latihan soal ini hanya sebagai penunjang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, jika perlu guru bisa mencari latihan soal sejenis ini dilaman saya atau ke blog lainnya. 


Latihan soal ini dibuat sesuai dengan buku yang pemerintah terbitkan dan buku tematik penerbit lainnya yang sesuai dengan temanya. penulis menyadari betul masih banyak kekurangan pada latihan soal ini. terimakasih telah berkunjung ke blog saya. semoga banyak manfaatnya.

Kerjakan soal berikut dengan benar!

PPKN

1.       Menghargai  setiap orang untuk memeluk agama masing-masing merupakan salah satu contoh pengalaman Pancasila yaitu ...
A.      Sila pertama                                                                 C. sila ketiga
B.      Sila kedua                                                                     D. Sila keempat

2.       Pernyataan berikut yang bukan makna sila pertama Pancasila adalah ...
A.      Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
B.      Paling enghormati dan bekerja dama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda
C.      Paling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan amasing-masing
D.      Memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain

3.       Sikap yang menunjukan pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.      Membantu teman                                                    C. melaksanakan ibadah
B.      Musyawarah                                                            D. Saling menghargai

4.       Simbol sila kedua dalam Pancasila yaitu ...
A.      Bintang                                                                    C. pohon beringin
B.      Rantai                                                                      D. Padi dan kapas

5.       Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong-royong dan kekeluargaan merupakan pengalaman Pancasila ke ...
A.      Pertama                                                                    C. ketiga
B.      Kedua                                                                       D. Keempat

6.       Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan bahwa manusia harus saling ... satu sama lain.

7.       Simbol sila yang berbunyi “Persatuan Indonesia” adalah ...

8.       Bersikap jujur merupakan contoh pengalaman Pancasila. Sila keberapakah yang sesuai dengan sikap tersebut? Jelaskan!

9.       Berikan 3 contoh sikap yang menunjuakan pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

10.   Sebutkan makna sila pertama dari Pancasila!


BAHASA INDONESIA

11.   Sebelum memberikan pendapat terhadap suatu cerita, sebaiknya kita memperhatikan unsur cerita tersebut, pernyataan berikut yang bukan unsur dalam cerita adalah ...
A.      Pesan moral                                                                   C. tokoh
B.      Tema                                                                              D. Pengarang

12.   Cerita “Si Kancil dan Petani merupakan salah sau cerita ...
A.      Legenda                                                                        C. mitos
B.      Dongeng                                                                       D. Sejarah

13.   Cerita khayalan (fiksi) yang biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan juga diceritakan turun temurun adalah ...
A.      Legenda                                                                        C. mitos
B.      Dongeng                                                                       D. Sejarah

14.   Tokoh yang diutamakan penceritaannya dlam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai peaku kejadian maupun yang dikenai kejadian disebut ...
A.      Tokoh utama                                                               C. tokoh antagonis
B.      Tokoh pembantu                                                         D. Tokoh protagonis

15.   Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Misalnya: didalam bangunan tua, disebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ...
A.      Latar belakang                                                            C. latar waktu
B.      Latar tempat                                                                D. Latar cerita

16.   Perhatikan teks berikut!
Sambil menunggu bel masuk sekolah, imam selalu membaca buku ebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman-temanya yang lain ada yang sedang duduk sambil bercerita sesama teman, ada pula yangsedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah ...

17.   Hari ini sekolah mengadakan kerja bakti. Semua siswa sibuk membersihkan kelas masing-masing. Namun, Herman tidak mau membantu. Ia hanya duduk tenang melihat teman-temannya bekerja. Watak Herman  tersebut adalah ...

18.   Sebutkan 3 jenis cerita yang kamu ketahui ...

19.   Perhatikan cerita di bawah ini!
Sarah bersahabat dengan Mira. Mereka selalu saling menolong. Mereka sering belajar bersama. Meskipun bersahabat, mereka tidak pernah saling menyontek saat ulangan. Mereka percaya pada kemampuan diri sendiri. Mereka dapat membedakan sikap yang baik dan tidak baik.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari ceria diatas?

20.   Jelaskan perbedaan tokoh antagonis dengan tokoh protagonis!

IPS

21.   Contoh pekerjaan penduduk yang tinggal di pantai adalah ...
A.      Petani dan peternk                                                   C. pegawai dan dokter
B.      Guru dan karyawan                                                  D. Penambak dan nelayan

22.   Kegiatan yang menghasilkan barang adalah ...
A.      Guru                                                                         C. tukang cukur
B.      Dokter                                                                       D. Penjahit

23.   Kegiatan yang menghasilkan jasa adalah ...
A.      Pengrajin kayu                                                          C. petani
B.      Arsitektur                                                                   D. Produksi tempe

24.   Produk yang bukan dihasilkan dri pengrajin kayu yaitu ...
A.      Meja                                                                           C. pintu
B.      Kursi                                                                           D. Kaca

25.   Tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi adalah ...
A.      Mangga dan jambu                                                    C. padi dan jagung
B.      Teh dan strawberi                                                       D. Kelapa dan sagu

26.   Pedagang beras membeli padi dari para petani lalu menjual kembali ke masyarakat. Kegiatan yang dilakukan pedagang berasini termasuk kegiatan ekonomi jenis ...

27.   Kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam didaerah dataran tinggi  yng paling cocok dengan kondisi tanahnya adalah ...

28.   Petani menanam padi di sawah nelayan mencari ikan dilaut, itu merupakan contoh kegiatan ...

29.   Menggunakan pensil secara hemat merupakan salah satu cara untuk melestarika lingkungan. Sumber daya alam yang digunakn untuk pembuatan pensil adalah ...

30.   Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Yang termasuk kebutuhan primer adalah ...

31.   Apa yang dimaksud dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi?

32.   Sebutkan 5 contoh mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitarmu!

33.   Jelaskan proses terjadinya meja dan kursi bisa samai di rumahmu!


IPA

34.   Tumbuhan berikut merupakan bukan tumbuhan langka dan dilindungi di Indonesia adalah ...
A.      Bunga bangkai                                                            C. Raflesia arnoldi
B.      Bunga melati                                                               D. Bunga Edelweis

35.   Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan adalah ...
A.      Mempermudah aktivitas manusia
B.      Dapat merusak moral
C.      Menciptakan budaya malas
D.      Pemborosan sumber energy

36.   Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan salah satu cara menangkap ikan yang tidak benar. Hal tersebut mengakibatkan ...
A.      Air laut semakin jernih
B.      Tumbuhan semakin subur
C.      Banyak terumbu karang yang rusak
D.      Mudah menangkap ikan keesokan harinya

37.   Upaya yan dapat dilakukan untuk memulihkan lingkungan akibat kegiatan pada gambar no.36 diatas adalah ....
A.      Berpindah kebagian laut lainnya dan menggunakan cara yang sama untuk menangkap ikan
B.      Membuat bom lebih banyak
C.      Melakukan pemulihan trumbu karang yang rusak
D.      Mengganti bom ikna dengan pukat harimau

38.   Perburuan liar dapat mengakibatkan ...
A.      Estarinya makhluk hidup                                    C. terjadinya keseimbangan ekosistem
B.      Terjadinya ekosistem yang baru                         D. Punahnya hewan yang diburu

39.   Cara yang dapat dilakukan agar sumber daya alam tidak mudah habis adalah dengan cara ...

40.   Hewan yang banyak diburu manusia hingga satwa tersebut sekarang hampir punah adalah ...

41.   Proses untu menjadikan suatu barang bekas menjadi barang baru yang berguna dengan tujuan mencegah adanya sampah disebut ...

42.   Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?

43.   Sebutkan upaya-upaya yang dapa dilakukan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam!

44.   Apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem?

45.   Jelaskan perbedaan antara nelayan tradisional dengan nelayan modern!


SBdp

46.   Berikut ini yang ukan contoh alat dan bahan untuk menggambar adalah ...
A.      Kertas gambar                                                            C. gunting
B.      Pencil                                                                          D. Spidol

47.   Sebelum membuat gambar, sebaiknya kita membuat ...
A.      Judul                                                                             C. warna
B.      Sketsa                                                                            D. Deskripsi

48.   Penilaian terhadap hasil karya yang dibuat seseorang disebut ...

49.   Sebutkan 3 contoh bentuk 3Dimensi!

50.   Gambarlah salah satu bentuk 3 Dimensi!


Comments